Pendidikan
prajabatan guru mengacu pada kebijakan dan prosedur yang dirancang untuk
membekali calon guru dengann pengetahuan, sikap, perilaku, dan keterampilan yang
mereka butuhkan untuk melakukan tugas-tugas secara efektif dalam kelas, sekolah
dan masyarakat luas setelah mereka menjalankan tugas sesungguhnya.
Pendidikan
atau kualifikasi akademik minimum calon guru ditentukan sebagai persyaratan
guru yang diperlukan pada sebuah negara. Sebagian negara mensyaratkan diploma
untuk calon guru jenjang pendidikan tertentu, sebagian lagi mensyaratkan
sarjana atau master. Sebagian negara memisahkan antara pendidikan kualifikasi
dengan pendidikan khusus calon guru, sebagian lagi menggabungkan keduanya.
Pertanyaan
tentang pengetahuan, sikap, perilaku, dan keterampilan apa yang harus dimiliki
oleh calon guru banyak mengundang perdebatan. Namun demikian, pada intinya
calon guru harus dibekali dengan kemampuan memfasilitasi peserta didik untuk
bisa mengakuisisi pengetahuan, mengembangkan sikap dan perilaku peserta didik,
serta mampu berperan aktif dalam masyarakat. Karenanya, secara umum kurikulum
pendidikan bagi calon guru dapat dibagi kedalam beberapa ranah.
1. Pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan filsafat pendidikan, sejarah pendidikan,
psikologi pendidikan, dan sosiologi pendidika
2. Pengetahuan berkaitan dengan proses
pembelajaran dan evaluasi pendidikan, serta pen gembangan ilmu
3. Pengetahuan
dan ketampilan yang berkaitan dengan bidang studi bagi calon guru bidang studi dan kegurukelasan bagi calon guru kelas.
4. Pengetahuan
dan keterampilan khusus yang diperoleh melalui praktik mengajar dikelas atau bentuk lain dari praktik pendidikan. Kegiatannya dapat berupa praktik mengajar,
observasi, magang dan sebagainya.
Calon
guru seperti apa yang diinginkan? Windsor dan Rowland (2005) melakukan survei
terhadap sekelompok administrator sekolah mengenai calon guru yang mereka
inginkan. Administrator sekolah yang disurvei ternyata menghendaki calon guru
yang memiliki sifat-sifat spesifik atau keterampilan yang merupakan ciri khas
dari seorang guru yang efektif. Karakteristik calon guru yang dikehendaki oleh
administrator sekolah di Amerika Serikat seperti berikut ini:
a. Memiliki
kepribadian yang asli, yaitu tulus dan rendah hati setiap saat.
b. Memiliki
kemampuan berkomunikasi yang baik, tertulis dan lisan.
c. Menjadi
pendengar yang baik dan memahami apa yang dikomunikasikan kepadanya.
d. Memiliki
sikap yang kooperatif
e. Memiliki
pandangan positif pada pengajaran, pembelajaran dan siswa
f. Dapat
dipercaya dan diandalkan
g. Memahami
apa yang dibutuhkan untuk menjadi guru yang efektif
h. Dapat
mengelola siswa didalam dan diluar kelas
i.
Memiliki sikap ambisius untuk mencapai
prestasi dan berkinerja terbaik
j.
Memiliki keterampilan kepemimpinan,
tampil hati-hati dan tidak berperilaku kasar.
k. Memiliki
pemahaman dasar tentang prinsip-prinsip yang berlaku umum di pendidikan
psikologi.
l. Memahami materi pelajaran dengan baik
dan dapat menyajikannya secara merangsang dan menarik
m. Memiliki
kemampuan lebih dari satu mata pelajaran
n. Memiliki
harapan atas standart pribadi yang tinggi dan profesional, namun tidak
menampilkan kekakuan.
o. Dapat
memodifikasi teknik pengajaran untuk mengakomodasi keragaman kemampuan siswa
dan gaya belajar mereka yang berbeda
p. Dapat
menghubungkan kegiatan mengajar dengan tujuan lain dari aneka kegiatan sekolah
q. Mampu
mengorganisasikan kegiatan bersama guru lainnya.
r.
Memiliki selera bagus dalam berpakaian
s. Memiliki
selera humor yang baik
t.
Memiliki semangat untuk berkembang sebagai
seorang profesional
Pengembangan
karir guru dapat dilakukan dengan berbagai cara:
1. Penugasan
-
Guru kelas
-
Guru bidang studi
-
Guru BP
2. Kenaikan
pangkat
-
Angka kredit
-
Istimewa
-
Penugasan didaerah khusus
3. Promosi
-
Ditugaskan sebagai kepala sekolah
-
Ditugaskan sebagai pengawas sekolah
4. Karir
lateral
-
Jabatan struktural
-
Penugasan sementara
-
Jabatan lain
No comments:
Post a Comment