I.PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang khusus memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkup pendidikan.Selain itu psikologi pendidikan juga sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut :
a. Penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas
b. Pengembangan dan pembaharuan kurikulum
c. Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan
d. Sosialisasi proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif
e. Penyenggaraan pendidikan keguruan
a. Penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas
b. Pengembangan dan pembaharuan kurikulum
c. Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan
d. Sosialisasi proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif
e. Penyenggaraan pendidikan keguruan
Beberapa Tokoh yang mendalami psikologi pendidikan:
1.William james : memberikan serangkaian kuliah yang bertajuk “talk to teachers” (james,1899-1993). Dalam kuliah ini dia mendiskusikan aplikasi psikologi untuk mendidik anak. James mengatakan bahwa eksperimen psikologi dilaboratorium sering kali tidak bisa menjelaskan kepada kita bagaimana cara mengajar anak secara efektif.
2.John Dewey : ide penting dari john dewey (glassman,2001,2002) pertama,dari dewey kita mendapat pandangan tentang anak sebagai pembelajar aktif (active learner). Kedua bahwa pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beraaptasi dilingkungannya. Ketiga bahwa semua anak layak mendapatkan pendidikan.
3.E.L.Thorndike : berpendapat bahwa salah satu tugas pendidikan disekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak.
Adapun tokoh tokoh selain yang diatas sebagai berikut:
-Barlow : Psikologi pendidikan adalah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas-tugas seorang guru dalam proses belajar mengajar secara efektif.
-Tardif : Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.
-Witherington : Psikologi pendidikan sebagai “ A systematic study of process and factors involved in the education of human being. Studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan kehidupan manusia.
II.FENOMENA PSIKOLOGI
Di dalam dunia pendidikan banyak terjadi fenomena fenomena diantaranya adalah kurangnya komunikasi antara pendidik dan murid. Ini menyebabkan proses belajar mengajar kurang efektif sehingga tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk menghindari hal tersebut pendidik dan murid harus membangun komunikasi dengan baik dan rasa ingin tahu murid yang besar juga dapat membantu proses belajar mengajar.Tanggung jawab juga harus dimiliki oleh pendidik dan murid.