Teori
PerkembanganKognitif Piaget
Elemen
Dasar Definisi
Asumsi :
Kecerdasan, seperti sistem biologis, mengonstruksi struktur yang dibutuhkannya
untuk berfungsi. Mengetahui adalah interaksi antara individu dan lingkungan.
Pertumbuhan kecerdasan dipengaruhi oleh empat faktor (lingkungan fisik dan
sosial, maturasi, dan penyeimbangan)
Perkembangan
Kognitif :
Pertumbuhan pemikiran logis dari bayi hingga dewasa
Hasil
Perkembangan Kognitif :
Konstruksi struktur baru dari struktur sebelumnya (yakni skema tindakan,
operasi konkret dan formal)
Komponen
Perkembangan Kognitif :
Asimilasi dan akomodasi, diatur oleh penyeimbangan pengalaman fisik dan
pengalaman logika matematika
Memfasilitasi
Pemikiran Logis :
Memberi kesempatan luas untuk eksperimentasi dengan objek fisik yang didukung
oleh interaksi antarteman dan pertanyaan guru.
Isu
Utama Dalam Desain Pembelajaran :
Menjaga relasi timbal balik antar anak dan pendidikan, menghindari pengajaran
langsung dan koreksi “kekeliruan” anak.
Analisis Teori
Kelemahan
:
Memahami istilah dan definisi dasar adalah sulit. Kurikulum Piagetian sulit
diimplementasikan dan dipertahankan. Perspektifnya mengesampingkan relasi
antara pemikiran logis dan belajar dasar, seperti membaca.
Kontribusi
Untuk Praktik Kelas :
Memberi deskripsi yang kaya tentang dunia melalui mata si anak.
Mengidentifikasi problem dalam kurikulum, terutama pengajaran matematika dan
sains sebagai “pengetahuan yang disosialisasikan”. Mengoperasionalkan konsep
“belajar menemukan”.