Tuesday, May 3, 2011

Kegiatan Hari Ini :)


 Sebelum memulai pelajaran psikologi pendidikan, buk dina meminta kami untuk berdiri dan melakukan beberapa gerakan-gerakan. Menurut saya kegiatan itu membuat keadaan kelas rileks dan fun setelah mungkin kejadian beberapa minggu yang lalu. Kegiatan itu juga melatih kekompakkan sesama teman dan membuat saya lebih siap memulai materi. 

Jika dikaitkan dengan psikologi pendidikan adalah bagaimanan pendidik memberikan motivasi positif kepada peserta didik. Karena motivasi merupakan tenaga dorong selama tahap-tahap proses belajar. Di kegiatan ini pendidik berusaha menciptakan suasana belajar yang positif dan mendorong peserta didik untuk siap memulai pelajaran dengan baik. Selain itu kegiatan ini juga bisa dilihat dari Learner  Centered artinya peserta didik diharapkan mampu untuk lebih aktif dalam proses belajar mengajar dan Teacher Centered dimana pendidik mengarahkan peserta didik untuk melakukan sesuatu agar tercipta suasana kelas yang kondusif.

Monday, May 2, 2011

PAEDAGOGI


Paedagogi  adalah pembahasan mengenai pengajaran, khususnya pengajaran dalam pendidikan formal. Atau bisa disebut sebagai sains dan seni mengenai cara mengajar di sekolah. Secara umumnya paedagogi merupakan mata pelajaran yang wajib bagi mereka yang ingin menjadi guru di sekolah. Sebagai satu bidang kajian yang luas, paedagogi melibatkkan kajian mengenai proses pengajaran dan pembelajaran, pengurusan bilik darjah, organisasi sekolah dan juga interaksi guru-pelajar.

Paedagogi merupakan satu ilmu yang luas dan mendalam. Tetapi kita bisa membedakannya menjadi dua bagian:
1. Perkaedahan pengajaran
2. Teori pembelajaran dan pengajaran

Dalam perkaedahan pengajaran hendaknya pengajar bisa memotivasi para peserta didik agar proses belajar berlangsung dengan baik, beberapa caranya adalah:

  •  Menciptakan suasana belajar yang positiF    
  •   Mendorong keinginan untuk belajar dan menerapkan hasil belajaR
  •  Pengajar bersifat empatik, dengan menunjukkan bahwa pengajar memeahami situasi
  •  Pengajar memusatkan perhatian pada kebutuhan dan masalah peserta didik 
  •  Pengajar dapat menggugah ergumentasi peserta, tetapi setelah empati dan hormat-  menghormati  telah tercipta.

Dengan suasana yang demikian, para peserta didik merasa dihargai,aman,dimengerti, dan merasa jadi pribadi yang nyata dan bertanggung jawab. Suasana seperti ini akan memotivasi mereka untuk belajar dengan baik dan akan tercipta proses belajar mengajar yang kondusif.

Sumber

Sukadji, S. (2000). Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah. Depok : LPSP3 Fakultas Psikologi UI
http://ms.wikipedia.org/wiki/Pedagogi