Psikologi Pendidikan
Psikologi Pendidikan adalah ilmu psikologi yang mempelajari tingkah laku individu dalam konteks pendidikan mencakup proses belajar dan mengajar (suatu disiplin ilmu yang mengaplikasikan ilmu psikologi dalam dunia belajar dan guru) yang juga merupakan cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan berguna dalam penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas, kegiatan pendidikan pembelajaran, pengembangan dan pembaruan kurikulum, proses belajar mengajar, layanan konseling, evaluasi bakat dan kemampuan, sosialisasi proses dan interaksi proses itu dengan pendayagunaan kognitif dan penyelenggaraan pendidikan keguruan agar sistem pendidikan yang ingin dicapai dapat terwujud.
Dengan memahami psikologi pendidikan, seorang guru dapat :
· merumuskan tujuan pembelajaran
· memilih strategi atau metode pembelajaran,
· memilih alat bantu dan media pembelajaran yang tepat
· memberikan bimbingan atau bahkan memberikan konseling kepada peserta didiknya,
· memfasilitasi dan memotivasi belajar peserta didik,
· menciptakan iklim belajar yang kondusif,
· berinteraksi secara bijak dengan peserta didiknya,
· menilai hasil pembelajaran, dan
· dapat mengadministrasikan pembelajaran secara efektif dan efisien.
Psikologi Sekolah
Psikologi sekolah berusaha menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuan akademik,sosialisasi, dan emosi. Yang bertujuan untuk membentuk mind set anak.
Psikologi sekolah juga menangani praktisi di sekolah. Psikologi sekolah juga membantu anak murid dalam menyelesaikan masalah, seperti kesulitan belajar, masalah dengan guru atau masalah dengan sesama teman. Psikologi sekolah juga harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi agar dapat terus mengikuti perkembangan anak murid dengan baik.
Sumber
Santrock, J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Prenada Media Group
http://hutabalian72.wordpress.com/2010/02/02/peranan-psikologi-pendidikan-dalam-proses-belajar-mengajar/