Monday, October 14, 2013

Bab 8


Teori PerkembanganKognitif Piaget
Elemen Dasar                                                                                    Definisi
Asumsi                                                            : Kecerdasan, seperti sistem biologis, mengonstruksi struktur yang dibutuhkannya untuk berfungsi. Mengetahui adalah interaksi antara individu dan lingkungan. Pertumbuhan kecerdasan dipengaruhi oleh empat faktor (lingkungan fisik dan sosial, maturasi, dan penyeimbangan)
Perkembangan Kognitif                                  : Pertumbuhan pemikiran logis dari bayi hingga dewasa
Hasil Perkembangan Kognitif                         : Konstruksi struktur baru dari struktur sebelumnya (yakni skema tindakan, operasi konkret dan formal)
Komponen Perkembangan Kognitif               : Asimilasi dan akomodasi, diatur oleh penyeimbangan pengalaman fisik dan pengalaman logika matematika
Memfasilitasi Pemikiran Logis                        : Memberi kesempatan luas untuk eksperimentasi dengan objek fisik yang didukung oleh interaksi antarteman dan pertanyaan guru.
Isu Utama Dalam Desain Pembelajaran          : Menjaga relasi timbal balik antar anak dan pendidikan, menghindari pengajaran langsung dan koreksi “kekeliruan” anak.
                                                                                                            Analisis Teori
Kelemahan                                                      : Memahami istilah dan definisi dasar adalah sulit. Kurikulum Piagetian sulit diimplementasikan dan dipertahankan. Perspektifnya mengesampingkan relasi antara pemikiran logis dan belajar dasar, seperti membaca.
Kontribusi Untuk Praktik Kelas                     : Memberi deskripsi yang kaya tentang dunia melalui mata si anak. Mengidentifikasi problem dalam kurikulum, terutama pengajaran matematika dan sains sebagai “pengetahuan yang disosialisasikan”. Mengoperasionalkan konsep “belajar menemukan”.

No comments:

Post a Comment