Model
Kognitif dan Teori Motivasi Akademik
Asumsi
: Motivasi
berkembangan dari interaksi kompleks faktor internal dan eksternal, individu
secara aktif memproses informasi, dan keyakinan yang terkait prestasi adalah
informasi eksplisit.
Proses
Motivasional : Penentu utama dari perilaku yang terkait dengan prestasi adalah
ekspektasi kesuksesan siswa dan nilai tugas, orientasi tujuan-prestasi siswa
atau atribusi siswa untuk hasil yang sukses /gagal.
Komponen
Motivasi : 1. Memori afektif siswa,tujuan, dan skemata diri siswa, yang secara
langsung mempengaruhi ekspektasi dna nilai, 2. Pendekatan performa, penguasaan,
dan orientasi penghindaran performa atau, 3. Atribusi utama (kemampuan, usaha,
kesulitan tugas, mood, atau sakit, keberuntungan) dna dimensi (lokus
kausalitas, stabilitas, dan keterkendalian)
Analisis Teori
Kelemahan :
Prosedur kelas spesifik belum dikembangkann. Identifikasi aktivitas kelas yang
memberi kontribusi untuk perilaku siswa yang maladaptif dan masalah yang
inheren dalam kelas yang kompetitif.
Kontribusi
Untuk Praktik Kelas : Memberikan
kerangka untuk riset dan analisis kegiatan afektif yang berjalan dikelas.
No comments:
Post a Comment