Psikologi pendidikan sangat berkaitan dengan teknologi pembelajaran. Karena Teknologi Pembelajaran merupakan gabungan dari tiga aliran yang saling berhubungan, yaitu media dalam pendidikan, psikologi pembelajaran dan pendekatan sistem dalam pendidikan.
Teknologi Pembelajaran tumbuh dari praktek pendidikan dan gerakan komunikasi audio visual. Penggunaan peralatan, media dan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan atau dengan kata lain mengajar dengan alat bantu audio-visual. Secara umum teknologi pembelajaran diartikan sebagai media yang lahir sebagai akibat revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran di samping guru, buku teks, dan papan tulis. Bagian yang membentuk teknologi pembelajaran adalah televisi, film, OHP, komputer dan bagian perangkat keras maupun lunak lainnya.
Teknologi pembelajaran mengevaluasi keseluruhan proses belajar untuk suatu tujuan khusus,agar proses belajar mengajar lebih efektif dan berjalan dengan sangat baik. Dan teknologi Pendidikan merupakan studi sistematik mengenai cara bagaimana tujuan pendidikan dapat dicapai.Teknologi Pembelajaran juga dapat diartikan sebagai teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi tentang proses dan sumber untuk belajar.
Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat, khususnya dalam bidang pendidikan, psikologi dan komunikasi maka tidak mustahil ke depannya teknologi pembelajaran akan semakin terus berkembang dan dapat lebih jauh memberikan manfaat bagi pencapaian efektivitas dan efisiensi pembelajaran.
Tetapi sama-sama kita tahu dan harus diakui bahwa perkembangan bidang teknologi pembelajaran di Indonesia hingga saat ini masih boleh dikatakan belum optimal, baik dalam hal design, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, maupun evaluasinya. Masih dibutuhkan usaha perjuangan yang sungguh-sungguh dari semua pihak dan kalangan yang terkait dengan teknologi pembelajaran.
Teknologi pembelajaran Audio-Visual merupakan bentuk pembelajaran dimana cara penyampaikan bahan dengan menggunakan peralatan dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Pembelajaran audio-visual dapat dipahami dengan mudah karena menggunakan perangkat keras di dalam proses pengajaran. Peralatan audio-visual memungkinkan pemroyeksian segala macam bentuk, mulai dari gambar hidup, pemutaran kembali suara, dan lain-lain. Yang akan membuat materi pembelajaran lebih berseni dan memberi dampak positif bagi proses belajar mengajar.
Oleh sebab itu kita harus memanfaatkan segala fasilitas yang bisa kita dapatkan dengan sebaik-baiknya. Agar memperoleh proses belajar yang baik dan menjadikan kita generasi muda yang pintar,berwawasan luas dan tanggap dengan kemajuan teknologi.
No comments:
Post a Comment